Pengertian Softswitch? Belum Tahu atau Belum Paham? Cek disini!
Pengertian Softswitch
Softswitch adalah perangkat pusat dalam jaringan
komunikasi yang menghubungkan panggilan dari satu saluran telepon ke seluruh
saluran jaringan komunikai atau internet publik, dengan menggunakan perangkat
lunak yang berjalan pada sistem komputer dengan tujuan umum.
Konsep Dasar Softswitch
Konsep dasar dari layanan yang diberikan softswitch adalah untuk mendukung kebutuhan konvergensi layanan masa datang, yaitu terintegrasi layanan suara dan data dalam satu platform jaringan. Oleh karena itu implementasi jaringan berbasis softswitch didesain untuk menyediakan layanan berupa teleponi, data, internet, dan multimedia.
Konsep dasar penyediaan layanan telepon oleh softswich harus mampu menyediakan layanan telepon minimal setingkat dengan layanan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN dengan berbagai kelengkapan fiturnya. Jenis layanan yang sudah diberikan kepada pelanggan selama ini, diantaranya sebagai berikut :
§ Komunikasi
lokal
§ Komunikasi
jarak jauh
§ Komunikasi
international
§ Emergency
Services
§ Number
portability
§ Televoting
§ Prepaid dan
postpaid
§ Service Class
§ Voice VPN
§ Toll Free
Layanan Softswitch
sebagai penyedia layanan telepon dan data, sistem pada softswitch harus dapat diimplementasikan sebagai switch kelas 4, switch kelas 5, dan titik interkoneksi. Dalam praktek implementasnya, masing-masing jenis kelas tersebut dapat berdiri sendiri ataupun juga bisa berkombinasi.
Aplikasi atau fitur di dalam system software dapat diberikan oleh 2 server yaitu :
§ Features
Server (Basic Application)
§ Application
Server (Enchanced Application)
Feature
server
Feature server adalah elemen
jaringan softswitch yang berfungsi untuk menyediakan fitur fitur untuk layanan
telepon. Feature server harus memiliki fasilitas Application Programming
Interfaces (APls) yang memungkinkan operator atau pihak pengembang layanan
dapat mengembangkan sendiri fitur fiitur yang akan diberikan kepada pelanggan.
Application
Server
Application server adalah elemen
jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan aplikasi tambahan, termasuk
logika pelayanan dan eksekusinya terhadap satu atau lebih aplikasi dan atau
layanan.
Media
Server
Media server adalah elemen jaringan
sebagai penyedia media pemroses dalam mendukung kinerja aplikasi serperi audio
video conferencing, brandig of services, music-on-hold, dll.
Softswitch
dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas 4 dan kelas 5 :
Softwitch yang digunakan untuk lalu
lintas antara operator biasanya disebut kelas 4 softswitch fungsi utama dari
kelas 4 softswitch adalah besarnya ukuran routing dari panggilana jarak jauh.
karakteristik dari softswitch kelas 4 adalah mendukug protokol dan konversi,
transcoding, Call per second rate, average time of one call routing, number of
concurrent calls.
kelas 5 softswitch dimaksudkan untuk
berkerja dengan end-user. Softswitch keals 5 ini baik untuk layanan telepon
lokal dan jarak jauh. kelas 5 softswitch ditandai dengan layanan tambahan untuk
end-user dan klien perusahaan seperti IP PBX fitur, Call center services,
calling card platform, Qos, Group Busines, dan lain lain.
Layanan
Kelas 4 Softswitch
Time
Dependent Routing
softswitch harus mampu melakukan
pemilihan jalur routing berdasarkan waktu dalam hari dan hari dalam minggu.
Routing
for Operator
softswitch
harus mampu melakukan pemilihan jalur outing berdasarkan operator trafik
tersebut berasal.
Routing for Services
softswitch
harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis layanan
tertentu dan trafik yang masuk. Misalnya pemilihan routing tertentu untuk
layanan emergency, AIN dan lain lain.
Routing for Network
softswitch
harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis jaringan.
Misalnya routing tertentu untuk trafik rusak yang berasal dari jaringan
seluler, PSTN, VoIP, VPN, dan lain lain.
Trunk Group Bundlink
softswitch
harus mampu melakukan pengelompokan trunk (trun group) dan masing masing dapat
dikontrol dan dikelola secara tersendiri atau independen terhadap yang lain.
Switch ID / Trunk Group Routing
softswitch
harus mampu melakukan pemilihan routing berdasarkan kelompok switch atau trunk
dari mana trafik tersebut berasal.
CIC (Carrier Identification Code) Routing
softsiwtch
harus mampu melakukan pemilihan kanal percakapan dengan pola tertentu sesuai
dengan pola pemilihan yang dilakukan oleh pihak lawan sehingga tidak terjadi
tabrakan pendudukan kanal sirkuit.
Class of Services Restriction
softswitch
harus mampu memberikan prioritas pengiriman berdasarkan kelas layanan yang
dimilikinya. Dalam kedaan trafik padat, trafik yang memiliki kelas layanan
rendah akan dikenakan penundaan, sementara trafik memiliki kelas layanan tinggi
akan didahulukan.
Blocking
Blocking
softswitch
harus dapat melakukan blocking berdasarkan destination, geographic/area code,
country code, call type : international, operator, destination, address.
Overflow Routing
softswitch
harus mampu melakukan pengaturan atau routing terhadap kelebihan trafik.
Screening (country code and operator)
softswitch
harus mampu melakukan screening terhadap panggilan yang datang dari operator
lain dan atau dari luar negeri berdasarkan kode operator dan kode negara
Automatic Re-routing
softswitch
harus mampu melakukan re-routing terhadap trunk group tertentu secara otomatis
Layanan kelas 5 Softswitch
Abbreviated Dialing
abbrevated
dialing adalah fitur untuk mempersingkat proses dialing dengan nomer singkatan
yang terdiri dari satu atau dua digit. Softswitch harus mampu untuk mendeteksi
penggunaan fitur ini oleh pelanggan denngan melakukan pemetaan nomor singkata
ke nomor yang sebenarnya dan kemudian melakukan proses panggilan seperti bila
pelanggan melakukan panggilan langsung tanpa nomor singkatan.
Call Forwarding ( Unconditional, On Busy, No Answer, Call Waiting)
call
forwarding adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggalan
yang datang ke nomor lain yang terlah ditentukan pada saat fitur ini
diaktifkan. Pengalihan ini ditentukan oleh kondisi nomor tujuan apakah
uconditional, on busy, no answer atau pada saat ada call waiting. Aktifasi
dapat dilakukan oleh pelanggan atau operator.
Call Waiting
call
waiting adalah fitur yang memungkinkan pelanggan menerima panggilan lain pada
saat telepon sedang digunakan. Sistem softswitch harus mampu mengirimkan tone
interupsi bila pelanggan tersebut dalam keasaan busy, selanjutnya sentral akan
menunggu aksi dari pelanggan tersebut apakah pelanggan menerima panggilan
dengan menekan tombol flash.
Cancel Call Waiting
adalah
fitur pelengkap call waitung. Dimana selain dapat menerima call waiting.
pelanggan juga dapat menolak call waiting yang datang.
Call Line identification Presentation (CLIP)
adalah
fitur yang memungkinkan pelanggan mengetahui identitas pemanggil. Sistem
softswitch harus dilengkap dengan perangkat pembangkit FSK (frequency shift
Keying) untuk mengirimkan CLI.
CLIP on Call Waiting
adalah
fitur yang memungkinkan terminal pelanggan dapat menampilan nomor pemanggilan
saat ada call waiting.
Conference Cakk
fitur
yang memungkinkan pelanggan dapat melakuka konferensi telepon, baik sebagai
call terminating atau call originating. Sistem softswitch harus mempunyai
kemampuan untuk menangani panggilan koferense untuk tiga pelanggan atau lebih.
Layanan Tambahan Pada Softswitch
Voice VPN
Layanan
yang menyediakan voice VPN bagi pelanggan untuk menyalurkan trafik voice
internal pelanggan yang tersebar di beberapa tempat menjadi satu jaringan
Prepaid Services ( panggilan pra-bayar)
layanan
yang menyediakan sarana bagi pelanggan untuk melakukanpanggilan dengan
menggunakan kartu pra-bayar (Prepaid Card). Layanan pra-bayar ini dapat
digunakan untuk pemanggilan lokal, jarak jauh sesuai dengan jenis kartu yang
disediakan dan dimungkinkan untuk memenuhi panggilan konferensi.
Centrex (Virtual PBX)
adalah
fitur yang memungkinkan beberapa pelanggan membentuk grup pelanggan,
sebagaimana dala sistem PBX, tanpa dibatasi oleh suatu lokasi. Sistem
softswitch harus menyediakan berbagai macam fasilitas layanan seperti, Call
transfer by extension, Pembedaan pembebanan antar anggota, Extension Dial.
Multimedia Coferecing
Layanan
yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan panggila konferensi yang dilengkapi
voice, text, dan juga video
Web Base Services
layanan
berbasi web yang dapat digunakan untuk aplikasi aplikasi tertentu yang
ditetapkan oleh telkom, misalnya click to dial, web center, corporate
directory, connection call, web conference dan lain lian.
Unifield messaging Services (UMS)
layanan
yang memungkinkan pelanggan dapat mengirim dan menerima pesan dari pelanggan
lain atau dari pihak penyedia konten. Pesan yang dikirim atau terima dapat
berupa text, voice, maupun multimedia dengan berbagai macam kandungan isinya.
Komentar
Posting Komentar